Viral! Ustaz Syafiq Riza Basalamah Larang Umat Islam Berteman dengan Non Muslim, Alasannya Karena Ini

Faktajurnalisa- sebagai negara yang memiliki keanekaragaman kepercayaan dan agama, berteman dengan sesama orang beragama adalah bentuk toleransi.

Namun, beredar unggahan video Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang melarang Muslim untuk berteman dekat dengan non-Muslim.

Unggahan Video Ustaz Syafiq Riza Basalamah dikenal dari akun Twitter @adyytt_punk, Jumat (11/3/2022).

"Wah ustad kok kayak gini? Dai Syafiq Riza Basalamah memang benar jangan kasih panggung. Bisa-bisa masyarakat di Indonesia perang saudara. Gara-gara dai iniCoba dey simak nih vidio dan masih banyak lagi statement yang bisa dibilang ngawur," tulis keterangan akun tersebut.

Berdasarkan video singkat itu, awalnya Ustaz Syafiq Riza Basalamah berceramah dan menjawab pertanyaan dari jamaah.

"Berdosakah bersahabat dengan orang-orang kafir?" kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah membacakan pertanyaan-pertanyaan jemaatnya.

"Rasulullah telah memberikan nasehat, Jangan berteman kecuali dengan mereka yang beriman," kata Ustaz Syafiq Riza basalamah.

Pengkhotbah berusia 45 tahun itu kemudian menjelaskan bahwa alasan umat Islam dilarang berada dekat dengan non-Muslim. Karena dikhawatirkan untuk meniru gaya hidup mereka.

"Kalau kita punya kenalan non muslim di kampus misalnya. Nggak masalah, asal jangan dekat. Lama kelamaan, tak kala kita melihat perbuatan-perbuatan kekufuran dia. Kita jadi biasa ikut-ikutan," kata ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Tiba-tiba unggahan video tersebut menuai sorotan publik. Tidak sedikit dari mereka yang marah dengan pernyataan Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

"Ngustad ini lagi, sukanya mengharam-haramkan," kata akun @DinFahru**. 

"Minhum seharusnya dikembalikan keasalnya," ujar akun @Sofwan**. 

Tambahan informasi, berita kurang enak terjadi pada Ustaz Syafiq Riza Basalamah. Karena dia dilarang menjadi penceramah Tablig Akbar di Grobogan, Jawa Tengah oleh Gerakan Pemuda Ansor lokal (GP).

Bahkan GP Ansor kab. Grobogan menulis surat ke Bupati, Kaporles, Dandim dan Kementerian Agama sehingga Ustadz Syafiq Riza Basalamah tidak diberi izin untuk menjadi pembicara Tablig Akbar, yang direncanakan akan diadakan pada hari Minggu (03/27 / 2022).

Namun, belum diketahui alasan yang  melatarbelakang Distrik Grobogan GP Ansor menolak tablig Akbar Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Related Posts