Hanna Kirana Meninggal Dunia Karena Gagal Jantung Di Usia Muda, Kenali Penyebabnya!



Faktajurnalisa.com-- Baru-baru ini, pemirsa tanah air dikejutkan dengan kabar meninggalnya pesinetron muda Hanna Kirana karena gagal jantung. Hanna Kirana meninggal di usia 19 tahun. Kenali penyebab gagal jantung di usia muda seperti yang dialami Hanna.

Spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Damay menjelaskan bahwa gagal jantung adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jantung tidak cukup kuat untuk memompa darah.


"Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung " ngambek " tidak kuat lagi memompa atau masih bisa "terpaksa" untuk memompa tetapi dengan tekanan yang lebih tinggi atau usaha yang lebih berat," kata Vito dalam postingan di akun Instagramnya @doktervito.



Menurut Vito, ada sejumlah penyebab gagal jantung di usia muda. Berikut ini adalah penyebab gagal jantung:

1. Penyakit katup jantung

Salah satu penyebab gagal jantung di usia muda adalah karena penyakit katup jantung. 



Penyakit katup jantung adalah kelainan yang terjadi pada katup jantung. Jantung memiliki empat katup yang berfungsi untuk menjaga aliran darah dari jantung. Ada beberapa penyakit katup jantung seperti stenosis katup jantung, katup jantung bocor, dan kelainan bentuk katup jantung.


2. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan yang terjadi dan berkembang pada jantung sejak lahir. Ada banyak jenis penyakit jantung bawaan seperti kelainan pada dinding jantung dan kelainan pada pembuluh darah.


3. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah suatu kondisi yang terjadi ketika arteri jantung atau arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak. Kondisi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 45 tahun..


4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi juga bisa menjadi penyebab gagal jantung di usia muda. Tekanan darah tinggi memaksa jantung bekerja ekstra sehingga sangat rentan mengalami kerusakan.


5. Infeksi virus atau bakteri

Infeksi yang terjadi karena virus atau bakteri juga dapat menyerang jantung dan menyebabkan gagal jantung.

Gagal jantung di usia muda dapat diobati dengan sejumlah perawatan.

"Berbagai cara bisa menjadi penanganan tergantung penyebab gagal jantung. Pemasangan ring, operasi perbaikan katup atau dengan obat-obatan untuk menjaga kerja jantung," kata Vito.

slide 1 sampai 5 dari 6

Itulah penyebab gagal jantung di usia muda seperti yang dialami Hanna Kirana.


(ptj)



Tonton Videonya Di Bawah Ini:

VIDEO: Menjaga Kesehatan Jantung di Tengah Pandem

Related Posts