Ulama Madinah Ungkap Kebiasaan Buruk Jemaah Indonesia: Berbohong saat Berdoa

Faktajurnalusa.com - Madinah Ulama, Sheikh Profesor Sulaiman Ar Ruhalli atau lebih dikenal dengan Sheikh Sulaim an mengungkapkan kebiasaanpeziarah Haji Indonesia yang buruk saat berada di Tanah Suci.

Sheikh Sulaiman mengungkapkan bahwa Muslim Indonesia lebih sukauntuk memiliki foto daripada berdoa dan beribadah.

Biasanya, setelah mengambil banyak gambar, foto-foto itu kemudian dibagikan atau ditunjukkan kepada orang lain. Mereka berpikir, para peziarah benar-benar berdoa di Tanah Suci.

"Setelah kembali ke Indonesia, mereka menampilkan foto mereka dan mereka memamerkan kepada orang-orang, seolah berdoa di Masjid Nabawi," katanya.

"Bahkan, mereka berbohong ketika berdoa, meminta orang lain 'Hei Bayangkan aku' sambil mendemonstrasikan gerakan untuk berdoa. Berdoa, meskipun mereka tidak berdoa," katanya.

Alih-alih berdoa atau beribadah, para peziarah dari Indonesia lebih suka untuk berswafoto.

Bahkan, segera Sheikh Sulaiman menjelaskan bahwa momen ziarah harus digunakan sebaik mungkin untuk mencari kebaikan, bukannya pamer di sana-sini.

Dia bahkan mengalaminya untuk bertemu dengan para penyembah Indonesia saat berada di Masjid Nabawi. Sheikh Sulaiman telah melihat seorang peziarah Indonesia yang tidak mendengarkan kuliah.

"Tidak diragukan lagi, kecenderungan manusia yang memotret semakin jelas, bahkan di Masjid Nabawi, ketika Katib berbicara, bahkan seperti ini (foto selfie)," kata Sheikh Sulaiman, dikutip oleh suara, Senin, 13 September , 2021.

Terbaru Lebih lama

Related Posts