Cerita Siti Nurfarahdini, Hafal 30 Juz Alquran dalam 40 Hari

Faktajurnalisa.com - Siti Nurfarahdini mengungkapkan rahasia dia bisa dengan cepat menghafal 30 Juz Alquran hanya dalam waktu singkat.

Berniat karena Allah SWT dan selalu berdoa  menjadi rahasia wanita berusia 21 tahun ini, untuk berhasil menghafal Al-Qur'an hanya dalam 40 hari.

Siti Nurfarahdini Mohd Zawawi mengatakan niat itu adalah persyaratan paling penting karena inti dari semua bentuk ibadah yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

"Jika niatnya hanya karena Anda menginginkan gelar Hafizah atau ingin membanggakan ayah ibu dan orang-orang di sekitarnya, saya tangguhkan niat tersebut terlebih dahulu, karena semua ibadah yang kami buat seharusnya karena Allah, untuk surga dan akhirat.

"Jika niat kita benar dan tepat, insya Allah, upaya kita akan membuahkan hasil. Tetapi jika niat karena manusia, maka tidak akan berumur lama," kata gadis Malaysia ini.

Kisah Hafizah dapat menghafal 30 JUZ hanya dalam 40 hari

Menceritakan kisah kesuksesannya, Siti Nurfarahdini mengatakan dia mulai menghafal Al-Qur'an setelah lulus ujian sijil Malaysia (semacam SBMPTN) pada 2017.

Jadi, sambil menunggu pengumuman kelulusan diterima di universitas yang dia inginkan, Siti Nurfarahdini meluangkan waktu untuk menghafal Alquran.

Sambil menunggu pengumuman, gadis yang lahir di Sabak Bernam, Selangor ini, berhasil menghafal beberapa juz.

Proses hafalan tertunda

Namun proses itu tertunda setelah dia diterima di jurusan ilmu terapan di Universiti Teknologi Mara (UiTM) cabang Tapah, Perak.

"Rencananya adalah aku ingin menghafal 30 juz sebelum memasuki universitas. Tapi Allah berkehendak yang lain untukku saat itu.

"Alhamdulillah, meskipun hanya menghafal beberapa Juz di pusat Tahfiz dekat rumah, keinginan untuk menyelesaikan menghafal belum pernah padam sejak itu," kata putra Mohd Zawawi Parlan dan Rafiah Fadzli.

Berhasil menghafal 30 juz dalam 40 hari

Jadi di Ramadhan kemudian, Siti Nurfarahdini menghadiri Promaks Profesional Kem Hufas yang diadakan oleh Annur Quranic Center selama empat minggu dan berhasil menghafal dalam 40 hari terbaik.

"Dua minggu pertama saya menghadiri program di Annur Qurani Center sementara sisanya sedang online dengan 10 peserta lain yang tersedia oleh Ustazah karena keberadaan PKP (semacam ppkm darurat).

"Alhamdulillah Terima kasih kepada doa keluarga, panduan Ustazah dan dukungan dari teman-teman lain dalam program ini, saya berhasil menghafal 30 juz ... Tidak ada kata yang bisa saya jelaskan selain bersyukur kepada Allah," katanya.

Rahasia menghafal Alquran dalam waktu singkat

Berbagi kesuksesannya, Siti Nurfarahdini mengatakan dia tidak memiliki rahasia tertentu. Dia hanya menganut niat, doa, usaha dan tawakal. Itulah resepnya untuk menghafal Al Qur'an dalam 40 hari.

Siti Nurfarahdini mengatakan, program yang dibuat oleh Annur Qurani Center juga membantunya dalam menghafal yang lebih baik.

Dalam program ini, peserta akan menghafal dalam lima sesi, yaitu setelah fajar, Dhuha, Zuhur, Asar dan Malam hingga 12 tengah malam.

"Tetapi ketika menghafal online, saya lebih nyaman sendirian, terutama sebelum memasuki shalat fajar karena ketika itu adalah otak yang lebih segar.

"Setelah saya selesai menghafal, saya biasanya akan memberi tahu Ustazah dan kami akan bertemu di Google Meet untuk memeriksa hafalan saya," kata anak ketiga dari empat saudara kandung.

Baca Alquran sejak usia 5 tahun, Khatam setiap tahun

Memberitahu kisah cintanya pada Al-Qur'an, Siti Nurfarahdini mengatakan dia bersyukur dan menganggapnya beruntung karena sejak kecil telah menunjukkan keindahan tulisan suci dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, dia mulai membaca Alquran ketika dia berusia lima tahun, dan berhasil dalam Khatam untuk pertama kalinya ketika dia berada di kelas tiga sekolah dasar.

"Alhamdulillah meskipun itu tidak datang dari keluarga Hafizah, tetapi ibu dan ayah dan saudara-saudara lain aktif di Alquran.

"Sejak kecil, seorang ibu yang juga seorang guru mengajarkan saya untuk membaca, dan Alhamdulillah, saya berhasil dalam Khatam Al-Qur'an setidaknya setahun sekali," ingat.

Jadikan Al-Qur'an sebagai teman terbaik

Siti Nurfarahdini mengatakan dia membuat Al-Qur'an teman baik karena tujuan hidupnya ingin mendapatkan kesenangan Allah selain ingin tinggal surga.

"Kami tidak hanya menghafal tetapi kehidupan pendek ini perlu didasarkan pada Alquran.

"Itulah yang selalu aku ingatkan karena jika kita benar-benar memahami isi isinya, dia tidak hanya membuat kita merasa kerdil tetapi mendapat kesenangan yang luar biasa," pungkasnya.

Related Posts