Pamit! Viral Senyum Cantik Rina, Gadis ODGJ Ponorogo Cium Tangan Ibunya Mau Berobat

Faktajurnalisa.com - Beberapa waktu lalu viral video gadis cantik ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) asal Dukuh Keleng, Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Gadis cantik bernama Rina (20) ODGJ disebut-sebut karena dikhianati pacarnya. Dia dipenjara selama beberapa waktu karena gangguan mental. Akhirnya, gadis kulit putih itu melepaskan belenggunya dan pergi ke rumah sakit.

Kini, Rina si ODGJ sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan rencananya akan dirujuk ke Solo. Kisah Rina menjadi viral di YouTube karena kisahnya yang menyentuh.

Video Rina berangkat berobat diunggah ke akun Instagram warga @infoponorogo. Akun tersebut mengunggah video saat Rina berpamitan dan mencium tangan ibunya serta dikawal dua pria. Dalam video tersebut, Rina terlihat tersenyum.

Dalam unggahan tersebut, akun @infoponorogo mengutip laporan media dari Gema Suara. Menurut kepala desa Ngebel Mujiono, remaja cantik itu menjadi ODGJ karena sudah 4 tahun lalu. Saat itu dia tiba-tiba pingsan, lalu setelah sadar dia tidak bisa mengingat siapa dirinya.

Jadi sebelum dibawa ke rumah sakit, Rina tinggal di kamar yang layak huni tapi sengaja dikunci dari luar. Rina aktif di kamar setiap hari.

Ada lubang di pintu, jadi jika Anda meminta sesuatu, Anda bisa tahu apa yang ada di luar. Keluarga sengaja mengunci Rina, bukan karena marah tapi karena takut kabur seperti dulu. Kondisinya bersih dan terawat, jadi sekilas tidak terlihat seperti ODGJ.

Namun, kata kepala desa, ibunya telah mencoba berbagai cara untuk merawat putrinya tetapi tidak berhasil. Hingga akhirnya ada program bebas belenggu yang memberikan kesempatan kepada Rina untuk kembali berobat.

"Hingga hari ini, Rina sudah hampir sebulan dirawat di rumah sakit dan rencananya akan dirujuk ke RSJ di Solo," kata Mujiono.

Disebutkan terkait penyebab gangguan jiwa, anak yatim tersebut pernah menjalin hubungan dengan seorang laki-laki. Entah kenapa, tiba-tiba setelah itu ia mengalami depresi berat hingga jiwanya terganggu.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa Rina depresi karena ingin melanjutkan sekolah namun orang tuanya tidak mampu.

"Saya doakan ya kak, mugo mugo, ayo, ayo, kak, mimin yo kesemsem..," tulis akun @infoponorogo.


Related Posts