Ini Pengakuan Pria yang Viral Tolak Penutupan Masjid Saat PPKM Darurat

Faktajurnalisa.com, Situbondo - Seorang pria di Situbondo menjadi viral karena menolak menutup masjid saat pelaksanaan PPKM darurat. Tindakan itu diakui pria itu sebagai tindakan spontanitas.

Pria tersebut adalah M Kholil, advokat asal Mangaran, Situbondo. Kholil yang juga Ketua Umum DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Situbondo mengaku membuat video viral itu menanggapi beredarnya surat edaran dari Sekda yang salah satunya adalah penutupan masjid. .

"Ya. Itu reaksi spontan dan tanggapan saya atas surat edaran tanggal 2 Juli 2021, khusus poin 4," jelas Kholil saat dikonfirmasi detikcom, Senin (5/7/2021).

Kholil menjelaskan, sebenarnya dia sangat setuju dengan penerapan PPKM darurat karena pandemi ini memang semakin menggila akhir-akhir ini. Tapi hanya ada satu poin dalam surat edaran yang dia tidak setujui.

"Hanya, pada edaran poin keempat, saya sangat keberatan. Karena masjid tidak memiliki kontribusi besar terhadap penularan dan penyebaran COVID-19, khususnya di Situbondo," kata Kholil.

Sebelumnya beredar video di media sosial tentang penolakan penutupan masjid saat PPKM Darurat di Situbondo. Pasalnya, masjid dinilai tidak berkontribusi dalam penyebaran COVID-19.

Dalam siaran 52 detik, seorang pria dengan kepala bersarung dan kopiah berdiri membaca pernyataan sikap. Kata-kata pria itu diikuti oleh 4 orang lainnya. Salah satunya, seorang wanita.

“Kami umat Islam Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo menyatakan menolak dan menentang surat Sekda Kabupaten Situbondo tertanggal 2 Juli 2021 khususnya nomor 4 yang menyatakan penutupan masjid. tutup masjid, kami nyatakan siap perang," kata pria itu dalam video yang dirilis. dilihat detikcom, Minggu (4/7/2021).

Related Posts