Untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan yang Harus Dilakukan

faktajurnalisa.com  - Ramadhan sudah memasuki hari ke-20, dan tinggal hitungan10 hari lagi. Di hari-hari terakhir Ramadhan, umat Islam akan menjemput malam khusus yang disebut Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar lebih berharga dari 1000 bulan. Amalan Malam Lailatul Qadar memiliki pahala yang luar biasa.

Malam ini, yang disebut juga malam seribu bulan, merupakan waktu yang mulia. Hiasi malam terutama 10 hari terakhir Ramadhan dengan lebih banyak amal dan ibadah untuk mendapatkan pahala malam Lailatul Qadar ini.

Yuk Simak latihan malam Lailatul Qadar yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Landasan Hukum Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan. Sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Alaq ayat 1-5 yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah engkau apa itu malam kemuliaan? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu para bidadari dan bidadari Jibril turun dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur semua hal. Malam itu (penuh) kemakmuran sampai fajar. "

Amalan Malam Lailatul Qadar

1. Perbanyak Do'a Malam Lailatul Qadar

Salah satu amalan yang dilakukan pada malam pengampunan dan anugrah ini adalah banyak berdoa. Diceritakan dari Aisyah, beliau menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW tentang pengajian sholat magrib Lailatul Qadar seperti apa yang harus dibaca.

Nabi Muhammad menjawab doa malam Lailatul Qadar:

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul' afwa fa'fu 'anni'.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah, jadi ampunilah aku."

2. I'tiqaf di masjid

Salah satu hal yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan adalah melakukan 10 akhir Ramadhan di masjid. Kemudian Nabi pun mengajak istri-istrinya untuk juga melakukan iktikaf. Hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan atau berdiam diri di masjid.

Berdiam diri dengan memperbanyak amalan seperti sholat, zikir, sholat malam, membaca Alquran dan lain sebagainya.

Namun pada pandemi masal, bisa dilakukan dari rumah dan tidak dianjurkan di masjid.

3. Melakukan sholat pada Malam Lailatul Qadar

Amalan malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah melaksanakan shalat sunnah pada malam hari. Hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi Muhammad yang artinya:

"Barangsiapa melakukan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan harapan pahala dari Allah, dosa masa lalunya akan diampuni." (HR. Bukhari, no. 1901)

Itulah beberapa amalan Lailatul Qadar setiap malam yang bisa dilakukan untuk mencapai limpahan kebajikan di bulan Ramadhan. Jika Anda ingin menyimak ulasan lengkap mengenai  lailatur qadar, silahkan kunjungi link berikut ini Kelebihan & Waktu, dan Tanda Kemunculan malam lailatur qadar.

Related Posts