Mengapa Ada Orang Mati Wajahnya Tersenyum? Ini Penjelasanya Dari Seorang Ustaz

faktajurnalisa.com - Ketika Rasulullah saw, bertemu dengan orang yang telah meninggal dunia ketika isra’ dan mi’raj, beliau bertanya kepada mereka, "bagaimana rasanya sakaratul maut"

“Seperti tebasan pedang di tempat yang sama beratus-ratus  kali,” jawab salah seorang dari mereka

“Seperti kambing, yang dikuliti kulitnya hidup-hidup,” jawab satu orang yang lain.

“Seperti mata kail pancing, yang ditarik dari kulit yang basah.”

Nauzubillah kita berlindung kepada Allah dari sakitnya sakratul maut. Lantas, dibawah rasa sakit yang sangat dahsyat itu, mengapa ada orang yang mati tersenyum?

Mereka yang meninggal dalam keadaan tersenyum adalah orang-orang yang istiqamah dan orang yang mati syahid.

Orang yang mati syahid akan merasakan sakaratul maut seperti cubitan saja, sehingga mereka tidak merasakan sakit.

Rasulullah bersabda"

مَا يَجِدُ الشَّهِيدُ مِنْ مَسِّ الْقَتْلِ إِلاَّ كَمَا يَجِدُ أَحَدُكُمْ مِنْ مَسِّ الْقَرْصَةِ.

“Orang-orang yang mati syahid tidak merasakan sentuhan kematian, melainkan seumpama salah seorang di antara kamu dicubit.” (HR Tirmidzi; shahih)

Mereka meninggal dengan tersenyum, karena sebelum nyawanya dicabut oleh malaikat maut, mereka didatangi malaikat yang membisikkan agar tidak takut, tidak khawatir dan mereka diberi berita gembira dengan surga.

Allah berfirman ;

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلاَئِكَةُ أَلآتَخَافُوا وَلاَتَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ {30} نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي اْلأَخِرَةِ وَلَكُمْ فِيهَا مَاتَشْتَهِي أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَاتَدَّعُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang berkata: “Rabb kami adalah Allah” kemudian mereka beristiqomah, maka para malaikat turun kepada mereka (sembari berkata): ”Janganlah kamu takut, janganlah kamu bersedih dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) syurga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. Kamilah pelindung-pelindungmu di dunia dan akhirat di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.” (QS. Fushshilat: 30-31)

Mereka bahkan diperlihatkan bagaimana keadaan surga yang nantinya akan mereka tinggali di akhirat. Itulah yang membuat mereka tersenyum. Wallhu 'alam.

Disarikan Motivasihijrahmuslim.com dari ceramah Ustadz Abdul Somad.

Related Posts